Pada hari Kamis 19 Maret 2020, Desa Picisan mengadakan pelatihan budidaya tanaman alpokat yang bertempat dibalai desa Picisan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh RT, RW, BPD dan tokoh masyarakat se Desa Picisan. Muselam selaku Kepala Desa Picisan berharap pelatihan ini dapat meberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Desa Picisan pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

Tanaman alpokat dipandang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Desa Picisan sesuai dengan kondisi geografis Desa Picisan. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang cara-cara budidaya alpokat yang baik dan benar seperti yang telah disampaikan oleh narasumber pelatihan. Dengan adanya pelatihan budidaya tanaman alpokat diharapkan seluruh benih yang tersedia bisa ditanam dan berkembang dengan baik sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Picisan.

Terdapat berbagai jenis tanaman alpokat seperi alpokat aligator, alpokat hass, alpokat mentega, alpokat green star dll. Tanaman alpokat harus ditamam ditempat yang cukup menerima sinar matahari agar mampu berkembang dengan baik. Pupuk yang digunakan bisa pupuk kimia maupun pupuk organik, tetapi akan lebih bagus jika pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos yang dibuat sendiri dari daun-daun sisa tumbuhan. Jika masyarakat mampu membudidayakan tanaman alpokat dengan baik, tanaman alpokat bisa menjadi salah satu produk unggulan Desa Picisan dan berpotensi menjadi kampung alpokat.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?