Pada Hari Selasa, tanggal 2 Agustus 2022 bertempat di Balai Desa Picisan dilaksanakan Musdes Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan Ekstrim Tahun 2022. Acara tersebut dihadiri oleh perangkat Desa Picisan, BPD beserta anggota, Pendamping Desa dan seluruh RT se Desa Picisan.

Adanya kejadian tidak terduga sejak tahun 2020 hingga sekarang menimbulkan perubahan ekadaan ekonomi masyarakat sehingga angka kemiskinan meningkat drastis khusunya diwilayah Kecamatan Sendang. Kecamatan Sendang menjadi wilayah dengan tingkat kemiskinan ekstrim tertinggi se Kabupaten Tulungagung. Di Desa Picisan sendiri angka kemiskian ekstrim ada sebanyak 295 jiwa, data tersebut diambil dari DTKS Desa Picisan tahun 2022.

Data kemiskinan ektrim yang sudah ada perlu diverifikasi dan divalidasi agar diperoleh data yang sesuai dengan kenyataan dilapangan. Maksimal data miskin ekstrim ditetapkan sebanyak 3% dari jumlah penduduk suatu desa, namun Bapak Muselam Selaku Kepala Desa Picisan dalam sambutannya mengharapkan untuk meminimalkan data kemiskinan karena untuk menentukan kemiskinan ekstrim ada sembilan kriteria yang harus dipenuhi.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?