Pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 Pemerintah Desa Picisan melaksanakan Rembug Stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan dibalai desa Picisan dan diikuti oleh perangkat desa, bidan desa, mantri desa, tokoh masyarakat, kader kesehatan, Ketua BPD dan keluarga sasaran stunting. Rembug stunting dimulai pukul 09.00 dan dibuka langsung oleh Bapak Muselam selaku Kepala Desa Picisan.

Rembug stunting bertujuan untuk mencari solusi bagaimana agar stunting tidak terjadi lagi dan diperlukan masukan-masukan dari audien rembug. Kondisi stunting di Desa Picisan masih tergolong rendah tetapi harus ditekan agar tidak semakin bertambah, untuk itu desa wajib mengalokasikan APBDes untuk kegiatan stunting. Bagi anak yang sudah terlanjur stunting prioritas utama adalah kecerdasan anak. Ada 5 elemen yang harus dimasukkan dalam kegiatan stunting yaitu koseling gizi, KIA, sanitasi, layanan PAUD dan perlindungan sosial.

Dalam acara rembug tersebut membahas mengenai masalah-masalah yang terjadi didesa Picisan dalam 5 bidang yaitu koseling gizi, KIA, sanitasi, layanan PAUD dan perlindungan sosial serta mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi. Umumnya berbagai masalah yang ada terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi dan mengikuti himbauan tenaga kesehatan yang ada didesa. Oleh karena itu, tenaga kesehatan bersama pemerintah desa dan kader kesehatan harus berusaha sekuat tenaga untuk meumbuhkan kesadaran masyarakat guna kondisi kesehatan di Desa Picisan yang lebih baik lagi.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?